5 fakta yang perlu Anda ketahui tentang Palworld

Palworld, game survival aksi-petualangan dunia terbuka terbaru dari Pocket pair, telah menggemparkan para gamer di seluruh dunia. Dirilis dalam Akses Awal pada 19 Januari 2024, premisnya adalah pemain dapat menangkap makhluk yang dikenal sebagai Pal untuk bertarung, bertahan hidup, dan melakukan perjalanan. Mari kita lihat lima fakta yang perlu Anda ketahui.

1. Palworld disebut “Pokémon bersenjata.”


Anda mungkin sudah familiar dengan game buatan Pocket Fair ini karena sering muncul di iklan YouTube. Premis yang sudah Anda ketahui terlihat sangat familiar dengan franchise Pokemon. Keduanya mempunyai konsep yang hampir sama.


Karena kemiripan konsepnya, banyak netizen dan jurnalis yang menganggap game ini sebagai “Pokemon Bersenjata”. Ini karena Palworld memiliki keunikan dibandingkan Pokémon. Karakter pemain dapat terlibat dalam pertempuran menggunakan senjata api bersama teman-temannya. Hal unik lainnya adalah adanya unsur survival dimana pemain harus bertahan hidup. Bahkan, CEO Pocket Fair Takuro Mizobe mengaku kepada TheGamer bahwa ada beberapa judul game yang bisa menjadi inspirasi. Konsepnya sendiri terinspirasi dari Ark: Survival Evolved, dimana dinosaurus menjadi temanmu. Mekanisme dan misi bertahan hidup game ini juga diambil dari Rust. Terakhir, seri Dragon Quest menjadi referensi desain Pal atau makhluk.


2. Laris manis di Steam

Meski dirilis di Early Access, Pal World sudah laris manis di Steam. Faktanya, game ‘Pokemon with a Gun’ terjual 1 juta kopi dalam waktu 8 jam. Dan dalam waktu tiga hari, penjualan meningkat menjadi 4 juta.


Game ini juga menduduki peringkat pertama pada chart game terlaris Steam. Hasil ini melampaui judul populer lainnya seperti Counter-Strike 2, Baldur’s Gate 3, dan Apex Legends. Game survival ini dirilis di Xbox dan Microsoft Store serta Steam. Mereka yang berlangganan Xbox Game Pass atau PC Game Pass sekarang bisa bermain gratis.

3. Meski Early Access, pemain aktif di Steam sudah banyak.


Setelah laris manis di Steam, Pal World menjadi game berbayar dengan pemain aktif terbanyak di Steam. Menurut SteamDB, game penjinak monster dengan elemen survival ini telah mencapai 1,291 juta pemain aktif, menjadikannya game keenam di Steam yang mencapai 1 juta pemain aktif. Angka tersebut juga mengalahkan Cyberpunk 2077 yang memiliki 830.000 pemain aktif. Artinya sejarah baru telah dicetak. Rekor game berbayar paling aktif dengan pemain di Steam sudah dipegang oleh Palworld. Rekor pemain paling aktif di antara semua pemain tetap ada pada PUBG: Battlegrounds dengan 3,236 juta.


4. Server down karena terlalu populer.

Tentu saja, untuk game online yang sangat populer, sangat umum mengalami downtime server sejak hari pertama. Sayangnya, hal ini juga terjadi di Palworld. Game ini dapat dimainkan secara solo, namun juga menawarkan multiplayer online hingga 32 pemain. Mengingat sudah banyak pemain aktif di hari peluncurannya, tak heran jika hal ini menyebabkan ketidakstabilan server.


5. Itu disebut penipuan Sebelum diluncurkan,

Palworld dianggap scam bahkan di kalangan netizen. Trailernya sendiri sudah viral dan sering diiklankan di YouTube. Tentu saja, beberapa netizen sama skeptisnya dengan keasliannya seperti The Day Before dari Fntastic. Sehari Sebelumnya berakhir gagal karena tidak sesuai dengan promosi. Pocket pair sendiri telah menanggapi tuduhan penipuan tersebut melalui halaman FAQ Steam. Mereka memastikan bahwa game mereka “Pokemon with Guns” adalah game Steam dan bukan scam seperti biasanya. Jawabannya terbukti. Palworld dirilis dan menjadi perbincangan hangat di kalangan gamer.

Tinggalkan Balasan